Cara Menabung untuk DP Rumah

LamanProperti.blogspot.com - Ada beberapa masalah yang kadang menghambat seseorang memiliki rumah, salah satunya dp atau uang muka. Banyak orang kemudian memilih menabung agar uang untuk dp rumah cukup. Namun mereka tidak tahu bahwa waktu menabung dan kenaikan harga properti ternyata tidak berbanding lurus. Harga properti khususnya rumah cepat sekali naik sehingga turut meningkatkan uang muka rumah baru. Uang hasil menabung yang dari awal di rasa cukup kini sudah tidak dapat menjangkau kenaikan harga rumah.

Wah gawat, pertanyaanya kemudian bagaimana cara menabung untuk membayar dp rumah? Tenang, simak baik-baik solusinya:

Cara termudah yang dapat Anda lakukan adalah membeli rumah dengan sistem KPR dengan uang tabungan yang Anda miliki saat ini meskipun harus menurunkan grade rumah. Dengan kata lain belilah rumah yang sesuai dengan kemampuan Anda saat itu. Tujuannya bukan untuk ditempati tapi sekadar investasi. Namun, jika Anda mau tempati pun tidak ada masalah.

Cara Menabung untuk DP Rumah

Cara tersebut adalah menabung yang paling tepat karena berarti kenaikan tabungan Anda mengikuti kenaikan harga properti. Bukan mengikuti suku bunga bank yang memang kecil. Begini penjelasannya secara rinci:

Misalkan Anda memiliki uang 10 juta dan Anda menginginkan rumah di Perumahan A yang uang mukanya 35 juta. Lebih baik Anda gunakan uang 10 juta tersebut untuk membeli rumah di Perumahan B yang uang muka sesuai dengan kantong Anda meskipun dalam segala aspek tidak lebih baik dari Perumahan A. Pastikan Anda lolos hingga proses akad kredit dan pastikan pula perumahan yang Anda gunakan untuk menabung memiliki nilai investasi bagus. Baca: Ciri Perumahan yang Memiliki Nilai Investasi Bagus

Tahan rumah tersebut beberapa saat dan lepas kembali dengan cara over kredit atau tunai. Pastikan uang yang Anda dapatkan dari hasil penjualan rumah tersebut cukup untuk membeli rumah di Perumahan A sebagai lokasi yang Anda impikan. Tentu untuk menjual rumah secara over kredit bukan hal yang susah. Cukup realistis bukan? Daripada Anda menyisihkan uang Anda setiap bulan namun tetap saja tak cukup untuk membeli rumah yang Anda idamkan.

Itulah cara menabung untuk membeli rumah. Cara tersebut lebih efektif disbanding menabung secara konvensional. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Salam Properti